MUSIK TIUP PADI SERUNAI

Screenshot_2018-04-16-21-05-41.jpg

Serunai yang dibuat dari batang padi disebut juga serunai losong. Serunai jenis ini sangat digemari orang. Sebab selain dapat dimainkan sendiri secara solo juga berfungsi untuk mengisi waktu senggang di malam hari terutama di saat-saat menunggu panen tiba. Namun, dilihat dari bahan yang digunakan, serunai losong tidak dapat bertahan lama sebab mudah rapuh. Maka tidak mengherankan bila peniup serunai jenis ini muncul secara musiman, yaitu pada musim panen padi. 

Serunai losong terdiri atas dua bagian yaitu bagian kepala dan bagian badan.

Di bagian kepala terdapat lidah serunai yang disebut ela dan di bagian badan merupakan corong bunyi yang disebut serumung dan merupakan alat resonansi.

Pada bagian lidah tampak seperti irisan dan terdapat celah di antara lidah tersebut. Bila ditiup udara masuk melalui celah itu hingga mengge-tarkan lidah serunai dan mengeluarkan bunyi.

Corong bunyi atau serumung berfungsi sebagai alat resonansi untuk mendapatkan kualitas bunyi yang lebih baik dan lebih nyaring.

Serumung serunai losong dibuat dari daun lontar atau daun kelapa yang masih muda dan dililitkan pada badan serunai.

Cara memainkan serunai ini tidak sulit. Tinggal memasukkan bagian kepala serunai ke dalam mulut dan meniupnya. Untuk mendapatkan irama lagu lidahmu digerak-gerakkan secara teratur hingga menyentuh lidah serunai dan menghasilkan bunyi berirama.

 

Sumber:

Selim, Abdul Gani. 1998. Seni Budaya Daerah Sumbawa. Sumbawa Besar : Griya Kreatif


Kunjungan : 338
Kategori : Kesenian
Share :

Komentar :